Selasa, 15 Maret 2022

Mengapa Rusia serang ukrania

 




Sebelum tidur Oma tanya “ Pah, kenapa sih Rusia itu sampai segitunya ingin kuasai Ukrania. Tahu tahu nyerang Ukrania“


“ Sebenarnya itu engga datang mendadak. Tetapi proses sebab akibat yang sudah berlangsung lama. Susah jelaskan ke mama. Cuekin ajalah ma. Yang lain aja tanyanya.”


“ jelasin aja pah.” 


“ Ya ya, Gini ya. ( mikir gimana jelasin yang mudah).


“ Ya gimana?


“ Tadinya setelah perang dunia kedua. Ukrania dan negara Eropa timur itu adalah bagian negara Union Soviet. Kemudian terjadi perang dingin antara Union Soviet dengan AS. Union Soviet membuat pakta pertahanan bersama dengan negara Eropa TImur. Namanya Pakta Warsawa. Tujuannya melawan kekuatan AS dan Sekutu yang sudah membentuk NATO.


Tetapi selama perang dingin itu. Pihak Union Soviet membangun dengan dokrin Komunis. Terkenal kejam. Rakyat dikekang dan dicurigai. Pembangunan tidak terjadi meluas. Ekonomi diarahkan untuk mambangun persenjataan. Sementara Negara Eropa dan AS, rakyatnya menikmati kebebasan. Ekonomi mereka berkembang pesat. Kemakmuran terjadi meluas. Tentu ini menimbulkan iri rakyat Union Soviet.”


“ Terus pah..”


“ Nah tahun 85 Presiden Union Soviet mekakukan reformasi Ekonomi dan Politik. Karena proses reformasi itu terjadi pergolakan dalam negeri. Banyak wilayah bagian dari Union Soviet memisahkan diri. Termasuk Ukrania memisahkan diri. Padahal seharusnya mereka focus kepada reformasi ekonomi. Bukannya focus kepada reformasi poltiik. Puncaknya tahun 1991, Union Soviet bubar dan Pakta Warsawa juga bubar. Union soviet berubah menjadi federasi Rusia.


“ Terus..”


“ Pembubaran itu tidak begitu saja. Tetapi bersyarat. Pihak Rusia minta jaminan keamanan dari Pihak AS dan NATO. Makanya tahun 1991 itu dibentuk Dewan Kerjasama Atlantik Utara. Aliansi tersebut pada Juli 1992 setuju untuk menawarkan tugas pemeliharaan perdamaian atas nama Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komisi Keamanan dan Kerjasama di Eropa.


Tetapi justru dengan adanya Dewan Kerjasama Atlantik Utara itu celah bagi NATO untuk menguasai Eropa Timur. Bahkan bukan hanya Eropa Timur, ASIA tengah yang juga bagian dari ex Union Soviet juga diajak gabung. Makanya tahun 1997. Dewan Kerjasama Atlantik Utara berganti jadi Dewan Kerjasama Euro Atlantik Utara.  Forum ini mempertemukan NATO dengan tetangga Eropa Tengah, Eropa Timur, dan Asia Tengah. Sebelumnya tahun 1994, NATO mendirikan Dialog Mediterania dengan enam negara Mediterania non-anggota: Mesir, Israel, Yordania, Mauritania, Maroko dan Tunisia, dengan Aljazair juga bergabung pada tahun 2000. “


“ Jadi, pah memang niatnya NATO dan AS ingin menguasai dunia”


“ Bahkan Pada tahun 2004, NATO meluncurkan Inisiatif Kerjasama Istanbul sebagai cara untuk menawarkan kerjasama keamanan bilateral kepada negara-negara di kawasan Timur Tengah yang lebih luas. Akhirnya Rumania, Bulgaria, Slovakia, Slovenia, Latvia, Estonia dan Lithuania pada 2004, Kroasia dan Albania pada 2009, Montenegro pada 2017, dan Makedonia Utara pada 2020. Masuk dalam lipatan NATO. Nah terakhir Ukrania juga ingin gabung. Ya marah lah Rusia, Kalau Ukrania bergabung ke NATO, Rusia juga akan kena lipat NATO. Ukrania kan terasnya Rusia. “


“ Kenapa berani amat Putin lawan NATO.”


“ AH jangankan Rusia yang sudah jadi negara maju. Indonesia saja, yang masih balita merdeka. Terpaksa invasi ke Malaysia. Karena Malaysia masuk negara persemakmuran dengan Inggris. Bagi Soekarno itu ancaman bagi negara kesatuan indonesia. Eh PBB malah bela malaysia. Ya Soekarno keluar dari PBB. Ini soal integrasi negara. Pemimpin harus paham national interest nya. Engga bisa lembek. Kalau ingin damai maka bersiaplah perang. Apa yang harus ditakuti. Mati, tanam. Paham?


" Soekarno itu ayahnya Megawati ya pah..Keren emak gua..mewarisi gen petarung. "

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Dosa itu apa ?

  Sebenarnya dalam kisah para Nabi, ada pembalajaran tentang persepsi dosa dan hukum kausalitas, yang begitu saja di jungkir balikan Tuhan. ...