Kamis, 29 Agustus 2024

Pram dan Rano Paslon PDIP untuk Jakarta

 



Pertimbangan tidak mengusung Anies.

Politik di Indonesia jangan melihat dari gebyar influencer di media massa dan social media atau baleho di jalanan. Tuh lihat PSI begitu banyak baliho tersebar di Indonesia bahkan nomor 1 paling banyak dibandingkan partai lainnya. Tetap aja gagal masuk DPR pusat. Artinya gebyar itu tidak mewakili elektablitas sebenarnya. Jadi pahami akar rumput bekerja yang bisa aja bergerak dalam senyap.


Di Jakarta. Orang beranggapan elektabilitas Anies karena ketokohannya. Saya tidak percaya. Walau relawan Anies militant, namun sebenarnya yang mendukung elektabilitas Anies itu adalah emak emak yang tergabung dalam Majelis ta’lim PKS. Mereka sangat militant dan teroganisir dengan baik. Di Jakarta PKS sudah buktikan bahwa mereka pemenang Pileg tahun ini. Itu fakta. Jadi kalau Anis tidak didukung PKS, peluang menang sangat kecil apalagi lawannya Ridwan Kamil yang berpasangan dengan PKS.


Kalau Anies didukung PKS, biaya logistic bisa minimalis. Karena kader dan akar rumput PKS sudah established secara mandiri. Tapi kalau Aneis diusung oleh PDIP, nah dari mana duitnya? Untuk Pilgub DKI itu ongkos logistic tidak kecil. Saya juga engga yakin kalau Anies mau keluar uang. Dan jelas PDIP engga mungkin mau keluar uang. Saya engga yakin ada penyandang dana yang berani keluar duit.


Apalagi kita semua tahu, sejak era Anies menjabat Gubernur DKI, PDIP oposan terhadap Anies. Apa iya semua kader atau akar rumput PDIP di Jakarta akan sejalan dengan kebijakan pusat mengusung ANies. Walau kader PDIP itu patuh dan tegak lurus dengan perintah pimpinan, mengubah enemy jadi teman itu tidak bisa cepat. Perlu waktu…


Berharap PKS akan bergabung dengan koalisi PDIP mengusung Anies, itu sama saja berharap hujan di tengah terik matahari. Mengapa ? Mereka bisa saling kanibal elektabilitas. Bukan tidak mungkin kontituen mereka pindah ke RK. Engga mungkin PKS mau, apalagi PDIP. Kesimpulannya, endorsement PDIP tidak menjamin menang kalau Anies yang diusung. Kecuali kalau Anies diusung PKS, itu akan menang mudah. Sebaliknya kalau kader sendiri yang diusung PDIP, itu akan jadi lawan seimbang terhadap RK. TInggal adu kuat aja di logistic dan strategi


Memilih kader sendiri

Jakarta itu basis suara PDIP. PDIP juara dua dalam Pileg kemarin. Sudah seharusnya dia mengusung kadernya sendiri. Memilih Pramono Anung berpasangan dengan Rano Karno tidak salah. Maklum ini partai kader. Soal elektabilitas Pramono- Rano rendah. Engga ada masalah. Dulu juga waktu Pilgub DKI tahun 2012. Pasangan Foke elektabilitasnya 49,1%. Sementara Jokowi-Ahok hanya 14,4 %. PDIP pede aja. Terbukti akhirnya Jokowi-Ahok menang.


“ Tentu bukan hanya utamakan kader sendiri. Tetapi pasti ada alasan lain yang bersifat politis. “ Kata Doni kemarin waktu ketemu di Bandara. Walau secara politik berbeda, namun antara Prabowo dan Megawati itu hotline. Dan lagi hubungan mereka berdua tidak pernah retak. Keduanya punya alasan personal mengapa mereka tetap menjalin komunikasi dan saling menjaga.


“ Harus dipahami, bahwa ancaman PS tahun 2029 nanti disamping Gibran, juga Anies. Gagalnya RUU Plkada dan dipatuhinya Keputusan MK no 60 dan 70, serta gagalnya Anies maju Pilkada, tidak bisa lepas dari peran Mega dan PS. Dan tentu karenanya PS tetap lebih percaya PDIP ketua DPR, daripada KIM. UU MD3 tidak akan direvisi.” Kata Doni.


Pramono dan Rano, adalah politisi PDIP yang tidak kontroversial. Mereka tidak agitasi kepada siapapun. Beda dengan Ahok. Rano masih anggota DPR dan Pramono masih Menteri Pemerintahan Jokowi. Bahkan orang yang ada disebelah Jokowi dalam mengelola Kabinet. Maklum Pram sekretatis cabinet. Dia minta restu Jokowi dan Jokowi dukung. Secara personal hubungan Pram dan Jokowi bagus.


Mungkin Pram tidak begitu dikenal oleh Publik. Karena dia sosok yang ada dibelakang meja. Jarang berpolemic dan tidak ada skandal. Tapi popularitas Rano sebagai “ Doel anak Betawi” itu jangan dianggap enteng. Film itu jadi inspirasi rakyat se Indonesia betapa pentingnya Pendidikan. Yang harus dicatat juga. Demographi Jakarta, itu bukan Betawi, tetapi jawa. Dan Pram orang jawa. Dia juga terpelajar. Alumni ITB dan UGM. Itu trigger bagi PDIP untuk angkat elektabilitas Pram- Rano.



Selasa, 27 Agustus 2024

Jokowi dan Prabowo baik baik saja ?

 



Tadi saya ngobrol dengan teman teman gaek di cafĂ©. “ Dalam pidato Prabowo pada Munas PAN, Prabowo menegaskan bahwa hubungannya dengan Jokowi tidak retak. “ Kata Herman.


“ Memang tidak retak. Apa yang mau diretaki?  Jokowi bukan reval PS. Karena engga mungkin bisa calonkan lagi jadi Capres. Bukan pula ketum Partai Oposisi. Bukan pula mitra. Karena Jokowi bukan Ketum Partai koalisi. Jokowi sudah jadi rakyat biasa. Sama dengan kita pada umumnya. Sementara sejak KPU nyatakan resmi PS sebagai pemenang, dia sudah President Elected. Ngapain presiden retak dengan rakyat.” Kata Abeng.


“Tapi soal pidato PS itu sangat terkesan dia menghormati Jokowi. Jangan jangan dia jadi Jokowiman. “kata Herman. 


“ Soal PS ngomong begitu. Biasa aja. Sama seperti dulu sebelum jadi Menteri Jokowi, omongannya sangat agitative terhadap Jokowi. Dan sekarang dia puji Jokowi. Ya politisi itu pemain watak dalam drama sabun. Hanya orang miskin literasi dan malas mikir yang percaya” Kata Abeng. Kami senyum aja.


“ Tapi tanpa Jokowi, engga mungkin PS menang. Pasti PS tersandera dengan jasa Jokowi itu.” Kata Herman lagi.


“ Ah mana ada dalam politik balas budi. Ini permainan orang dewasa. Engga mungkin PS tersandera Jokowi. Itu hanya persepsi influencer dan ring satu Jokowi yang sudah mulai kawatir karena udah dicuekin PS. Janganlah under estimated terhadap presiden terpilih. Apalagi dalam system presidential. When he won he take all. “ kata Abeng.


" Dan lagi" kata David. " Elektabiitas PS itu tahun 2019 Pilpres kan 48%. Itu existing. Engga akan berubah. Kalau PS dalam Pilpres 2024 suaranya 59%. Artinya nambah 11%. Itu bukan karena Jokowi semua. Ada partai KIM yang juga besar perannya. " Lanjut David.


“ Tapi dalam pidato itu jelas sekali.” Kata Herman ngotot.


“ Sederhana aja. Kalau memang pengaruh Jokowi masih kuat. PSi itu engga mungkin dibawah 4% suaranya.  Dan  RUU Pilkada pasti gol dalam rapat Pleno DPR. Nyatanya gagal. Kamu perhatikan. Cara menentang Jokowi soft banget. Cara Jokowi dipakai. Sen kanan belok kiri. “ Kata Abeng.


“ Baleg setuju, tetapi Engga kuorum boss. Mau gimana lagi.” Kata David tertawa. Herman tersenyum kecut.


“ Politk belakangan ini jadi gaduh hanya karena Anis dan Jokowi. “ Kata Abeng.


“ Anies dan Jokowi itu orang baik. Setidaknya mereka berdua merasa lebih baik dibandingkan elite politik lain.  Anis tidak percaya kepada partai. Makanya dia tidak pernah mau jadi kader partai. Samahalnya Jokowi. Dia masuk politik lewat PDIP awalnya karena alasan mau pilkada. Bukan karena alasan idiologi. Kedua nya orang pragmatis atau oportunis” Kata Akhiar.


“ Ya padahal udah berkali kali PKS tawarkan Anies jadi kader. Tetapi dia menolak. Coba kalau dia kader PKS, sakarang dia bisa maju di Jakarta. PKS engga perlu koalisi. Kan PKS juara pileg di Jakarta. “Kata David.


“ Dulu juga waktu dia diusung oleh Gerindra pada Pilgub 2017, dan didukung oleh PKS. Anis tidak pernah tunduk dengan platform PKS maupun Gerindra. “Kata Abeng. 


“ Yang menyakitkan bagi PKS, setelah Sandi mengundurkan diri sebagai Wagub DKI, seharusnya Anis tunjuk kader PKS sebagai pengganti. Tetapi dia tunda sekian lama, sampai akhirnya dia tunjuk wagub dari Gerindra. Anies tidak merasa bersalah dan tidak perlu menjaga suasana hati PKS. Sama halnya Jokowi punggungi PDIP.”  Sambung Abeng


“ Ketika akhirnya PKS mendukung Anis dalam Pilpres 2024, itu karena PKS tidak mungkin berkoalisi dengan PDIP mengusung Ganjar dan tidak mungkin berkoalisi dengan Gerindra mengusung Prabowo. Kalau PKS tidak ikut koalisi Pilpres, dia akan kena hukum tidak boleh lagi ikut kontestasi Pilpres. Anies tidak perlu berterimakasih kepada PKS soal dukungan Pilpres. Makanya berkali kali PKS tawarkan jadi kader. Anies tidak mau. “Kata David.


“ Nah dalam dinamika politk setelah Pilpres. Jokowi, ingin tetap mengendalikan politik lewat KIM, dengan menjadikan Golkar sebagai vehicle. Maklum Golkar pemenang runner up Pileg. Dengan demikian dia bisa kuasai Pilkada serentak dengan orang orang yang sudah dia setting. Mereka diperlukan nanti untuk mendukung Gibran pada pilpres 2029.” Kata Herman.


“ Tetapi karena adanya keputusan MK nomor 60 dan 70, yang sudah di setting Jokowi jadi berantakan semua. Dan itu biangnya karena Bahlil setelah jadi ketum Golkar,  dia lebih loyal ke Prabowo. Puncaknya RUU Pilkada batal.“ Kata Abeng.


“ Jangan jangan keputusan MK itu dapat dukungan dari Gerindra secara diam diam” Kata Akhiat tertawa. “ Gerakan massa yang cepat sekali terkonsolidasi dibeberapa kota, menentang RUU Pilkada juga ada peran PS dibalik itu. ” Sambung Akhiat. 


“ Bisa jadi” Kata Abeng. “ Karena PS tidak maulah kekuasaanya duduk diatas bara. Outstanding Jokowi itu udah terlalu besar. PS pasti engga mau dibebani saat dia berkuasa. Pastilah dia punya cara untuk clean up sebelum dia masuk istana. Harus ada damarkasi yang jelas mana agenda dia dan mana borok lama yang menjadi tanggung jawab Jokowi. “ Sambung Abeng.


“ Ya kalau begitu, harus ada yang dikorbankan. " Kata Akhiat.


" Seakan Wapres bukan bargain politik yang harus dihormati. Si Bahlil yang pamain drama, enak aja pecundangi Jokowi setelah dibantu jadi Ketum Golkar. Entahlah. Begitu buruk tabiat bangsa ini.”  Kata Herman tersenyum kecut. Semua ketawa.  “ Ale, lue dari tadi senyum aja. Apa tanggapan lue ? Tanya Abeng. Saya angkat bahu.  Saat berkuasa disambut ramai ramai, namun saat pergi ditinggal rame rame. Itulah drama kehidupan. Old story yang selalu berulang. Tidak ada kesetiaan, tidak ada teman abadi dalam politik,  yang ada hanya kepentingan.



Minggu, 18 Agustus 2024

Monster itu memangsa yang melahirkan.

 




Sebelum dan selama abad 20 sebagian besar negara, bahkan China merupakan negara agraris. Hidup dari SDA. PDB mereka belum bergantung kepada Ekspor. Masuk abad 21, tahun 2001 China bergabung dalam WTO. Awal abad 21, AS lead dunia memasuki era baru atau new world order.  Sebagian besar Industri yang sudah berkembang di AS dan Eropa mulai mengalihkan rantai pasokannya ke ASIA yang upahnya murah. Ini dimanfaatkan oleh China dengan baik. Mereka bentangkan karpet merah kepada investor asing terutama dari AS dan Eropa. Saat itu AS sangat percaya bahwa mereka akan terus lead. Maklum yang melahirkan Globalisasi adalah AS.


Globalisasi dan demokrasi adalah derivate dari Kapitalisme. AS lupa akan prinsip idiologi China bertumpu kepada tiga hal, yaitu etika, demokrasi dan Sains. Tiga hal ini  menjadi dasar China memasuki Globalisasi..  Apa yang membuat kapitalisme itu jahat karena mudah mengabaikan Etika. China perkuat UU anti monopoli dan kejahatan korporat. Apa yang berbahaya dari Demokrasi adalah terbentuknya kartel atau oligarki yang melibatkan korporate. China mengeluaran UU anti Korupsi. Kapitalisme, yang mengharuskan terjadinya proses kompetisi. Penguasaan Sains adalah kunci memenangkan kompetisi global.


Nah Ketika AS dan Eropa melakukan transformasi ekonomi dari padat karya ke padat modal dan tekhnologi, itu dimanfaatkan China dengan menekan upah murah. Lambat namun pasti tumbuh industry dan manufaktur di China secara massive. Mereka menjamin rantai pasokan terhadap Industri di AS dan Eropa. Selanjutnya, secara bergelombang perusahaan raksasa di AS dan Eropa relokasi, membangun pusat produksinya di China, sebutlah, Apple, GE, Audi, Marcedez dan lain lain. Ya motive ekonomi,  mendekati sumber daya. Sekian decade pertumbuhan ekonomi China dua digit setiap tahunnya.


Pada waktu bersamaan Lembaga riset diperkuat oleh China dengan anggaran yang terus membesar dari tahun ke tahun.  Secara terprogram sector industry tumbuh berkat riset mandiri yang mempu berproduksi beragam barang dan semakin kompit di pasar global. Lambat laut perusahaan raksasa AS diakuisisi oleh China, seperti hal IBM yang berganti Lenovo. Bahkan lewat bursa mereka akuisisi perusahaan legendaris seperti Audi dan lain lain. Tentu perusahaan ini setelah diakuisisi terjadi transformasi ala China.


Sementara AS dan Eropa tidak menyadari keadaan dimana infiltrasi ekonomi China sudah terlalu dalam masuk. Pemerintah tidak bisa melarang proses relokasi pabrik ke China. Maklum AS dan Eropa menganut demokratisasi ekonomi, yang memberikan kebebasan korporat memilih dimana mereka akan berproduksi. Tidak bisa melarang konsumen mereka lebih memilih produk China yang jauh lebih murah. Tidak bisa melarang wallstreet dan bursa utama menjadi financial resource perusahaan China. Tidak bisa melarang pasar uang lebih banyak mengalir ke China.


Setelah kejatuhan Lehman, yang berdampak luas terhadap ekonomi Eropa dan negara satelit AS seperti Korea, jepang dan lainnya. AS dan Eropa belum juga sadar bahwa mereka sudah disalip China. Justru mereka masih yakin tetap lead terhadap globalisasi. Tidak ada upaya strategis untuk melakukan koreksi dan transformasi. Mereka malah terjebak dengan program populisme lewat stimulus ekonomi yang bersifat inflatoir dan fake growth. Paska COVID, baru AS dan Eropa menyadari bahwa mereka telah kehilangan nilai nilai lama sebagai bangsa pembaharu dan pionir.


Kini AS dan Eropa yang dulunya mengalihdayakan produksi ke lokasi yang lebih murah di Asia, kini mencoba membentuk kembali rantai pasokannya sendiri atau nearshoring. Berusaha tidak tergantung pada rantai pasokan China. Pada waktu bersamaan mereka menaikan tarif impor atas produk China. Tetapi AS dan Eropa lupa lagi. Karena adanya globalisasi, sejak tahun 2008, sudah banyak relokasi industry padat karya China ke Asean, Amerika latin dan anak benua Asia. Bahkan sampai ke Afrika. Kalaupun  ada restriksi tarif tentu tidak ada pengaruhnya secara significant. Apalagi dengan adanya tekhnologi AI, proses produksi semakin murah. 


Tidak ada yang salah dengan struktur ekonomi ERopa dan AS. Semua well organize dan well design. Itu bisa dimaklumi karena dari merekalah lahirnya Globalisasi. Dengan misi dan visi We are the world. Membuat dunia dalam satu platform menuju kehidupan  masa depan yang lebih baik atau seperti makna MDGs. Namun mereka lupa dibalik kemelimpahan dan kemudahan mesin kapitalisme itu, ada polusi yang berbahaya. Apa itu? Moral hazard. Melahirkan pemerintahan rendah etika, demoralisasi demokrasi dan rendah spirit sains dalam menyelesaikan masalah ekonomi, sosial dan politik. Apa pasal? Korupsi, kolusi dan nepotisme. Karena itu globalisasi yang dilahirkan AS menjadi Monster yang  memangsa diri mereka sendiri.

Rabu, 07 Agustus 2024

Xiong’an.

 



Beijing sebagai Ibukota sudah sangat padat. Total populasi 22 juta. itu tidak termasuk siang hari saat Beijing mulai didatangi urban sekitarnya. Kebayang kan sesaknya. Dua kali penduduk DKI. Pemerintah Chna sudah mulai khawatir dengan lonjakan penduduk ini. Karena berdampak luas terhadap sosial dan ekonomi. Terutama harga property sudah sangat mahal. Ini tentu sudah tidak adil bagi China yang menganut komunisme. Belum lagi tingkat polusi sudah mengkhawatirkan.


Lantas apa solusinya. Walau China dalam sejarahnya berkali kali pindah ibukota. Tetapi Xi Jinping tidak hendak memindahkan Ibukota. Terlalu mahal nilai sejarah Beijing untuk dilupakan hanya karena ingin pindah ibukota. Maklum Beijing tempat lahirnya revolusi komunis dan berdirinya republik setelah jatuhnya dinasti Manchu. Jadi apa solusinya? Xi, perintahkan untuk dibangun kota satelit yang berjarak 100 KM dari Beijing. Namanya kota Xiong’an.


Xiong’an terdiri dari tiga distrik, Rongcheng, Anxin dan Xiongxian. Tadinya adalah wilayah yang terperangkap oleh rawa dan menjadi tempat penampungan air hujan bagi wilayah Wuhan. Nah pindah lah kesana. Bangun kota baru. Pastikan fungsi ekosistem tidak rusak. China menggandeng Swiss untuk mendesain kita ramah lingkungan. Maklum Swiss memang hebat soal itu. 


stasiu kereta antar kota

Tahun 2017 kota itu resmi di bangun. Pemerintah tidak mengajak orang pindah dengan propaganda seperti HGB 100 tahun lebih. Engga. Jadi gimana? yang pertama China bangun jalur kereta super cepat. Jarak tempuh 100 KM ke Beijing. Hanya makan waktu 20 menit. Harga apartement di Xiong’an hanya 10% dari harga apartemen di Beijing. Ya bisa ditebak. Belum selesai dibangun, pesanan property sudah sold out. Investor dalam dan luar negeri berebut meraih peluang ini.



Tahun 2024 kota Xiong’an selesai dibangun. Hanya 7 tahun selesai.Total anggaran mencapai lebih Rp. 1000 triliun. Xiong’an sukses membebaskan Beijing dari fungsi-fungsi yang tidak penting terkait statusnya sebagai ibu kota negara, sekaligus memajukan pembangunan terkoordinasi wilayah Beijing-Tianjin-Hebei. Kini, Xiong’an sebagai laboratorium perkotaan bagi semua negara di dunia dan tentu bagi pemda china sendiri. Mereka belajar bagaimana men design kota yang zero emisi karbon dan membangun tanpa merusak ekosistem seperti IKN.




Selasa, 06 Agustus 2024

Mirror asset.

 








istilah mirror asset itu hanya dikenal oleh pemain hedge fund. Mirror artinya cermin. Asset artinya harta. Kalau diterjemahkan bebas, artinya aset yang hanya berupa cermin dari yang asli. Contoh anda bercermin. Tampilan anda di depan cermin sama persis dengan anda yang ada dalam cermin. Tidak ada sedikitpun bedanya dari segi tampilan. Namun tetap saja, ada dua tampilan. Satu asli dan satu lagi palsu.


Dalam dunia instrumen derivatif pasar modal atau pasar uang. istilah mirror aset mengacu kepada surat berharga (securities) yang linked dengan asset likuid. Aset likuid ini pada posisi asset protection. Protection itu bisa karena akad atau bisa juga karena adanya restriction masuk ke bursa. Skema ini hanya ada pada pemain hedge fund, yang tujuannya merampok secara legal dana wadiah dan offshore. Biasanya mereka iming iming laba pasti kepada pemilik dana. Mereka berani keluarkan fund undertaking di depan sebesar 3 kali bunga bank. Makanya pemilik dana happy saja ikuti skema ini.


Agar lebih mudah, saya akan buat analogi sederhana aja menjelaskannya.


Pertama. Akad wadiah dalam skema investasi syariah. MIsal, dana dalam akadnya berupa wadiah atau titipan. Jadi tidak boleh diinvestasikan yang bersifat riba, seperti bunga pada SBN atau bagi hasil tetap. Itu proteksi nya. Jadi gimana agar dana Wadiah itu bisa dikembangkan. Caranya, Dana itu di linked dengan surat berharga. Nah surat berharga inilah yang dijual untuk dapatkan uang tunai dan kemudian diinvestasikan pada SBN atau deposito atau saham. Antara dana wadiah dan surat berharga itu seperti mirror atau cermin.


Dalam neraca atau pembukuan, dana wadiah tetap tidak berubah. Tetap utuh dalam pencatatan. Setiap tahun keuntungan dari skema investasi atas surat berharga itu akan masuk ke rekening fund manager yang ditunjuk (designated account). Keuntungan ini akan disalurkan sebagai fund undertaking atau hibah, menambah saldo dana wadiah. Sederhana kan.  Namun namanya investasi, kalau tidak amanah pasti akan menimbulkan moral hazard. Biasanya investasi dari linked surat berharga itu jeblok alias kandas. Lama lama rekening wadiah itu akan disita atau kena likuidasi. Kasus ini sering terjadi di beberapa negara islam yang menerapkan skema tabungan haji.


Kedua, restriction fund yang ada pada rekening offshore bebas pajak. Penyebab restriction karena asal usul uang tidak clean. Bisa bersumber dari judi, komisi haram atau apalah. Dana ini tidak bebas di mobile untuk tujuan investasi. Nah seperti akad syariah wadiah. Dana offshore ini di linked ke instrument Credit link note (CLN). Secara pembukuan, dana offhsore tetap stay di rekening. Tidak bergerak. Yang bergerak adalah mirror nya atau CLN.


CLN ini berupa surat berharga yang link dengan beberapa saham blue chip. Nah instrument CLN inilah yang dijual di market untuk dapatkan uang tunai. Kembali lagi soal moral hazard. Namanya fund manager kan pasti punya sifat hedger. Tanpa disadari oleh pemilik akun offshore, lama lama dana mereka turun nilainya dan akhirnya lenyap dilikuidasi. 


Saya beri pelajaran singkat sebagai pengetahuan aja. Tutor tidak bertanggung jawab kalau ini anda lakukan. Jangan ditiru ya. Jadi orang baek aja.

Chaebol Korea...

  Setelah aksi protes rakyat bersama mahasiwa selama berminggu minggu, yang dikenal dengan istilah “Revolulsi Cahaya Lilin”, Presiden Park G...