Sabtu, 29 April 2023

Memahami the fed secara idiot.

 




Apakah the Fed ? Berdasarkan Federal Reserve Act  1913, tugasnya melayani sebagaimana fungsi bank central. Dewan Gubernur di Washington, DC, adalah badan pemerintah federal. Ditunjuk oleh Presiden dan dikonfirmasi oleh Senat namun bertanggung jawab langsung kepada Kongres. The fed memiliki tiga fitur penting: (1) dewan pengatur pusat—Dewan Gubernur Federal Reserve; (2) struktur operasi terdesentralisasi dari 12 Bank Federal Reserve; dan (3) perpaduan karakteristik publik dan privat.


Anggota Dewan Gubernur diangkat untuk masa jabatan 14 tahun, dan Ketua Dewan diangkat untuk masa jabatan empat tahun. Pejabat terpilih dan anggota Administrasi tidak diizinkan untuk melayani di Dewan. UU Federal Reserve memastikan bahwa keputusan kebijakan moneternya berfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang ini dan tidak tunduk pada tekanan politik yang dapat mengarah pada hasil yang tidak diinginkan.


Meskipun Kongres menetapkan tujuan kebijakan moneter,  namun yang berkaitan dengan Federal Open Market Committee (FOMC) yang anggotanya 12 orang, tidak tunduk kepada Presiden atau siapa pun di cabang pemerintahan eksekutif atau legislatif. Artinya  secara sistem Federal Reserve tidak "dimiliki" oleh siapa pun. Kalau boleh dikatakan pemilknya adalah sistem itu sendiri. Siapapun yang bisa melewati sistem itu ya dia qualified memanfaatkan system itu.


The Fed tidak mendapatkan dana operasional dari pemerintah AS. Dia hanya dapat lisensi mengelola moneter AS. Lantas darimana The fed dapatkan modal awal ? Dari setoran pemegang saham, yang juga sebagai bank anggota. Nah karena the fed punya lisensi sebagai bank central, tentu fed hidup dari jasa pengelolaan moneter itu. Artinya Fed mengelola putaran uang masuk dan keluar.  Dalam proses menjaga keseimbagan itu kadang terjadi minus dan surplus. Kalau minus, fed jual jasa menutupi minus. Kalau surplus , fed menawarkan jasa agar uang tidak idel. Klop kan. Kanan kiri ok.


Mari kita perhatikan contoh operasional the Fed. Dari proses clearing, the fed jadi agent untuk transaksi over night terhadap bank yang kalah clearing. Fed dapat fee. Bagi bank yang kebanyakan memberikan kredit namun cash flow jangka menengah seret, the fed menawarkan pembelian reksadana bank dengan jaminan aset berkualitas tinggi. Fed dapat fee lagi. The fed juga membuka pasar uang jangka pendek untuk membantu likuiditas bank dan sekaligus menyerap dana bank yang over liquid. Dapat fee lagi the fed.


The fed juga melayani negara lain yang ingin menjaga likuidias cadangan devisanya lewat transaksi repo dan reverse repo dengan pelanggan otoritas moneter asing dan internasional (FIMA) atau FIMA Repo Facility. Fitur layanan the fed adalah Overnight Reverse Repo Facility, Standing Repo Facility. Jagi bagi negara yang memegang USD sebagai cadangan devisa, tetap aman dari resiko kekurangan devisa tunai. Contoh BI, punya cadangan devisa beragam mata uang dan surat berharga, termasuk emas. Nah kala BI kepepet perlu uang cash untuk menutupi belanja impor, ya BI tidak harus menjual devisa itu. Tapi bisa pinjam ke Fed dengan jaminan devisa yang ada.


Walau the fed tidak punya hak cetak uang. Hak cetak uang tetap ada pada Departement keuangan AS. Namun the fed dapat fee untuk create system printing money lewat pasar uang. The fed  tidak punya hak pegang cadangan emas. Namun The fed dapat fee dari bisnis bank custodian untuk emas.  Terus apakah The  Fed menjadi super body yang bebas ? Oh tidak. Fed tetap diaudit bahkan sistem auditnya sangat ketat. Bukan hanya oleh internal tapi juga eksternal, seperti Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS dan banyak lagi. Dan semua anggota dan clients bisa mengkakses the fed secara real time. Dengan sistem transfarance itu sangat sulit bagi tujuan rekayasa dan konspirasi moneter seperti negara lain yang cenderung politis.


Kesimpulannya, the Fed itu sistem yang tidak dimiliki siapapun namun selain AS, negara manapun bisa memakai sistem itu. Sebagai pusat clearing yang terpercaya, the fed punya nostro. Semua bank central di dunia memakai jasa the fed sebagai clearing house.  Artinya mereka semua punya rekening nostro di Fed. Nah agar mata uang negara bisa cross border transaksi dengan semua bank di dunia lewat beragam mata uang, the fed punya fiture clearing, namanya Vostro. Sistem ini sangat solid, cepat dan akurat. Belum ada satupun negara yang bisa menandingi. Kalau USD menjadi mata uang dunia, itu bukan berarti AS memiliki hegemoni atas dunia. Karena AS juga adalah clients dari sistem the  Fed. The fed itu kalau bahasa mesranya adalah  we are the world…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Di balik tataniaga Timah.

  Direktur Utama PT Timah Tbk (TINS) Ahmad Dani Virsal mengatakan bahwa Indonesia kini merupakan produsen timah terbesar kedua di dunia. Dia...