Rabu, 08 September 2021

Takdir kita…?

 





Sampai saat ini belum ada kecanggihan industri dan sistem produksi yang bisa mengalahkan sistem sel dalam tubuh kita. Bayangin aja. Kalau anda terluka. Sel darah membentuk zat pembeku dengan cepat. Dan tidak mungkin salah tempat. Pasti ketempat yang luka. Bayangin aja canggihnya.  Genom manusia mengandung 23 molekul DNA, atau yang disebut juga kromosom. Ukuran molekul DNA ini adalah sepanjang 1.7 sampai 8.5 cm, atau rata-rata sekitar 5cm jika dibentangkan. 


Seluruh mekanisme kehidupan sel-sel itu benar-benar mengagumkan, sangat canggih dan kompleks, begitu ter-organisir. Bekerja secara otomatis dengan presisi tinggi, zero salah. Padahal ada sebanyak 37 triliun sel pada tubuh manusia; maka, bila seluruh DNA dalam tubuh manusia dibentangkan dan diuntaikan, maka total panjang molekul tersebut dapat mencapai 2 * 10^14 meter, sementara jarak bolak-balik dari matahari ke pluto adalah sejauh 1.2 * 10^13 meter. Dengan demikian, jarak untaian tersebut setara dengan perjalanan bolak-balik dari matahari ke pluto, sebanyak 17 kali. Benar canggih ya.


DNA itu tidak hanya sekedar kumpulan basa-basa purin yang membawa kode genetika makhluk hidup, tetapi juga merupakan "struktur dasar" untuk pembentukan manusia. Artinya itulah inti kehidupan kita yang mengatur nasip, ritme, dan kesehatan kita. Hebatnya, masing-masing DNA mengandung 500.000 sampai 2.5 juta pasangan nukleotida. Namun tidak semua dalam kondisi menyala atau aktif dalam tubuh kita. Ada System Mekanisme Nyala-Padam Gen. Kalau yang nyala lebih banyak yang negatif, nasip kita jelek dan penyakitan. Tapi kalau yang nyala  lebih banyak positif, nasip kita bagus dan sehat.


Bagaimana menghidupkan Gen Positif ? Ya berfikir positif, dengan mengambil sisi-sisi kebaikan dari setiap kejadian. Selalu merasa tergerak dan terinspirasi secara mendalam terhadap kebaikan. Menjauh dari lingkungan pergaulan yang selalu  menggiring anda ngelonjor ( ngelamun jorok) dan berghibah terhadap orang lain.  Melatih memberi. Melatih diri terdesak dan tersudut tanpa berkeluhkesah. 


Artinya  manusia itu makhluk sosial yang dipengaruhi oleh faktor keturunan  ( Gen) dan lingkungan. Misal, Walau keturunan kere tapi lingkungan pergaulan kaya dan pekerja keras ya sukses. Walau keturunan kaya, sarjana, tapi lingkungan pergaulan males kebanyakan  ngaji ( ngasah biji/ tinggi angan angan) dan berpikir negatif terus ya kere juga jadinya. Lingkungan sangat dominan menentukan hidup anda. Jadi  sistem GEN alam mikro adalah hukum ketetapan Tuhan. Itu takdir kita. Nah mau seperti apa jadinya, kitalah yang menentukan. Tergantung  pilihan kita sendiri. Makanya jangan salah gaul. Jangan berteman sama orang yang doyan ghibah dan berpikir negatif. Itu mental kere dan pecundang. Mau?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cebong dan Kampret

  Dulu di  Yunani orang yang dikenai hukuman, budak, pengkhianat, di cap dengan tato pada dada dan punggungnya. Cap itu akan melekat selaman...