Minggu, 17 September 2023

Pemikiran Yahudi

 



Kemarin saya diskusi dengan teman. “ Apa mungkin akan ada konflik terbuka antara China dan AS di Laut China Selatan” tanya teman.


“ Pernahkah Israel dan Iran bertemu di Medan tempur. Padahal sekian dekade mereka terus bertengkar dan hubungan tidak pernah harmonis. “ tanya saya balik. Dia mengerutkan kening dan akhirnya menggeleng. “ Nah begitu juga dengan AS dan China. Engga mungkin bertemu di medan tempur “ kata saya.


“ oh itu opini kamu saja. Itu bukan fakta ? katanya. Teman ini akademisi dan S3 bidang politik international. Saya senyum aja.


“ Justru tugas kamu membongkar opini saya itu apakah releva dengan fakta atau tidak. “ kata saya.


“ Ok saya tanya” katanya “ apa ada dasar kajian ideologis sehingga engga mungkin konflik terjadi bila sama sama idiologi. “ Lanjutnya. Saya tahu, bahwa konflik terjadi karena perbedaan landasa berpikir.  Pertanyaan yang sangat konkrit. 


“ China itu sosialis komunis dan AS , kapitalisme. Keduanya berbeda memang tapi lahir dari etnis yang sama, yaitu Yahudi. Sosialisme Komunis lahir dari Karl Max. Kita semua tahu, Marx berdarah Yahudi. Kakek pihak ibunya adalah seorang rabbi Belanda, sementara garis ayahnya meliputi para rabbi Trier sejak 1723, sebuah peran yang diambil oleh kakeknya Meier Halevi Marx. 


Sementara Kapitalisme lahir dari ekonom yahudi. Seperti David Ricardo disebut menjadi orang pertama yang menggunakan istilah "kapitalisme" dalam buku berjudul "Prinsip Ekonomi Politik dan Perpajakan pada 1817. Ricardo salah satu orang yang terlibat dalam pencetusan teori ini. Beberapa yang lain di antaranya, Adam Smith, Thomas Malthus, dan James Mill. 


“ Tapi walau lahir dari etnis yang sama, bukan berarti mereka satu pemikiran.”


“ Benar, kalau teori itu lahir dari kampus. Tetapi teori mereka lahir dari prinsip ajaran taurat agama yahudi itu sendiri. Dari sana mereka kembangkan menjadi beragam teori termasuk ekonomi, Nah karena nara sumbernya sama, tentu orientasi nya juga sama.  Jadi engga mungkin bertemu di medan konflik. Apakah perang dingin antara Soviet dan AS bertemu di medan perang dunia ketiga? kan engga. Selesai begitu saja. Sama juga Syiah itu lahir dari sekte yahudi yang dekat dengan sunnah. Makanya cara berpikir syiah dan Yahudi sama aja. “ kata saya. Dia terdiam.


“ Ok itu fakta tapi masih ada unsur opini. Apa lagi dasar argumen kamu terutama soal Shiah dekat dengan Yaudi soal pemikiran” tanyanya.


“ Kamu baca buku, Between Muslim and Jew: The Problem of Symbiosis Under Early Islam , Steven Wasserstrom. Buku itu menarik karena ditulis dengan metode riset. Itu penjelasan yang sangat utuh dengan telaah sejarah dan filosofis Yahudi- shiah.” Kata saya. 


“ Ok, itu masih bersifat opini. Apalagi ?


“ Kamu tahu the Brookings Institution? tanya saya. 


“ OK apa ?


“ Itu lembaga think thank ekonomi dan politik yang di inisiasi oleh Jewis group dan dibiayai oleh miliader Yahudi. Bermarkas di Embassy Row di Washington, D.C.  Lembaga paling berpengaruh di AS dan Dunia. Semua Chairman the FED dan US treasury harus dapat rekom dari Brooking. Mereka hanya ada kantor cabang di China dan India. Negara lain tidak ada. Kini dua negara itu, china dan India menjadi kekuatan ekonomi baru.” Kata saya. Mau bantah apa lagi dia.  Dia terdiam.


‘ Bagaimana indonesia ?

“ Creator UUD 45 adalah Dr Radjiman Wedyodiningrat, dan dia adalah anggota dari Freemason yang kemudian abad 20 berubah nama menjadi Brooking. “ Kata saya. Nah dia terhenyak. Gua pedagang sempak. Gau tahu dimana dunia gua tinggali dan tahu harus bermain.


Ekonomi kita " agak laen"

  SMI mengatakan ekonomi kita agak laen. Karena banyak negara maju pertumbuhannya rendah, bahkan seperti Jepang dan Inggris masuk jurang res...